gadget

Sabtu, 19 November 2016

Pengertian Sistem Operasi | TKJ SMK NEGERI 1 BANGIL (NESABA) 2016

SISTEM OPERASI
TKJ SMK NEGERI 1 BANGIL 2016




                Sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberi kemudahan bagi pengguna komputer. Dalam sistem operasi pelajaran yang dipelajari, antara lain : perkembangan sistem operasi windows, struktur sistem operasi windows, instalasi sistem operasi windows, arsitektur sistem operasi windows dan lainnya. Yang akan saya bahas dalam ulasan ini adalah tentang perkembangan sistem operasi windows.

Perkembangan Sistem Operasi
               Dalam sistem operasi terdapat beberapa sejarah perkembangan yang dibagi menjadi lima, antara lain :
  • Generasi Pertama (1945 – 1955)

Dalam generasi ini merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti komputasi mekanik, karena hal ini disebabkan oleh terbatasnya manusia dalam menghitung, manusia mudah untuk berbuat ceroboh, dan pada generasi ini masih belum ada sistem operasi.
  • Generasi Kedua (1955 – 1965)

Generasi kedua ini memperkenalkan Batch Processing System, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian lalu dieksekusikan secara urut. Pada generasi ini lah dimulai adanya sistem operasi, yaitu FMS dan IBSYS.
  • Generasi Ketiga (1965 – 1980)

Sistem operasi dalam generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pemakai, pemakai menggunakan melalui on line pada komputer. Dalam generasi ini sistem operasi dapat dikatakan sebagai multi – user (digunakan pemakai dalam sekaligus), multi – programming (untuk melayani banyak program sekaligus), multi – tasking (melayani banyak pekerjaan dan tugas).
  • Generasi Keempat (1980 – 2000 an)

Pada generasi ini sistem operasi berubah menggunakan Graphical User Interface (GUI), yaitu antar muka komputer yang berbasis grafis yang nyaman dan mudah untuk digunakan. Pada masa ini juga komputasi tersebar luas dimana komputasi – komputasi tidak berada di satu titik tetapi sudah pecah menjadi banyak sehingga memudahkan kinerja yang baik.
  • Generasi Kelima

Pada generasi ini sudah dikembangkannya sistem operasi bergerak (mobile) yang terdapat pada laptop, pc, poket dan notebook. Selain itu juga terdapat jaringan virtual, yaitu dimana kita dapat membuat sistem operasi lebih dari satu yang dapat bekerja bersama – sama. Cross Platform Operating System (multiboot system) yang dapat menggabungkan dua atau lebih  sistem operasi seperti:windows dan linux.
  • Perkembangan Sistem Operasi Windwows

Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft corperation menggunakan (GUI) antar muka komputer yang berbasis grafis.
  • Ms – Dos (Microsoft Disk Operating System)

Ms – Dos adalah sistem operasi yang berbasis teks dan command line interpreter. Ms – Dos sebenarnya dibuat oleh perusahaan Seattle Computer Product yang kemudian dikerut Microsoft dan dibeli lisensinya. Ms – Dos dirilis pada tahun 1998 dan dihentikan pada tahun 2000.


  • Microsoft windows (windows 1.x – windows 3.x)

Microsoft windows 1.0 merupakan versi pertama dalam dunia sistem operasi yang diluncurkan pada 10 November 1998. Sebelum bulan November windows ini tidak pernah beredar di public karena adanya hambatan.
Windows 2.0 merupakan windows kedua setelah windows 1.0 yang dirilis pada 9 Desember 1987. Sistem ini diluncurkan karena melengkapi atau menambahi kekurangan pada windows 1.0.
Windows 3.0 adalah windows yang mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berfungsi untuk meminimalisasi ketergantungan driver pada perangkat keras. Windows 3.0 berkembang menjadi windows 3.11.


  • Windows 95 – windows ME

Windows ini diperkenalkan pada 14 Agustus 1995, windows ini ditampilkan lebih menarik dan atraktif. Terdapat menu start, menu yang inovatif untuk mengakses grup. Windows ini juga mengenal pug dan play untuk mendeteksi instalasi perngkat keras dan konfigurasi otomatis.
Windows ME diluncurkan pada 14 September 2000, dalam windows ini terdapat grafis 16 – Bit ke 32 – Bit yang kebanyakan digunakan pribadi.


  • Windows 98 – windows SE

Windows ini dikeluarkan pada 25 Juni 1998 yang diperkenalkannya NAT supaya dapat berbagi koneksi internet dan digantikannya Virtual Device Driver yang menggunakan windows Driver model.


  • Windows NT 3.xx – 4.xx

Windows ini mendukung x86 (80x86) , intel IA64 dan AMD64 (x64) dan grafis 32 – Bit. Windows 3.1 dirilis hanya untuk computer intel x86, dec alpha, dan beberapa platform yang mendukung ARC. Windows 3.51 diluncurkan untuk mendukung komputer IBM. Windows NT 4.0 diluncurkan untuk mendukung banyak platform tetapi terdapat dua varian.



  • Windows 2000

Windows 2000 adalah windows yang dirilis oleh Microsoft pada 17 Februari 2000 di Amerika Serikat. Windows 2000 mempunyai fitur tambahan diantaranya : active director yang baru, image preview dan plug and play windows.


  • Windows XP

Dirilis pada 25 Oktober 2001 yang menampilkan banyak perubahan, fitur dan performa, tiga contoh edisi windows XP, yaitu :
ü  Windows XP home edition untuk pribadi
ü  Windows XP professional menargetkan untuk pasar power user, bisnis dan perusahaan klien.
ü  Windows XP embedded seperti XP professional yang dikurangi segala fiturnya.


  • Windows server 2003

Beberapa windows server 2003, antara lain : windows server 2003 enterprise, server 2003 datacenter, 2003 web edition, small business server 2003 (windows sbs), storage server 2003, server 2003 standart edition.


  • Windows Vista

Windows ini diluncurkan pada 8 November 2000 untuk pembisnis, 30 Januari 2000 untuk pribadi. Windows ini lebih mengutarakan interface dibandingkan performa. Windows vista mempunyai beberapa versi.


  • Windows 7

Dirilis pada 22 Juli 2009 untuk pabrikan computer, 22 Oktober 2009 untuk publik. Windows ini lebih mengembangkan dasar windows dengan tujuan agar lebih kompatibel dan perangkat keras komputer lebih kompatibel dengan windows vista.


  • Windows 8

            Windows 8 resmi dirilis pada 26 Oktober 2012 dan mempunyai versi sebagai berikut :
ü  Windows 8 setara dengan home basic dan premium
ü  Windows 8 pro setara dengan windows 7 professional
ü  Windows 8 enterprise setara dengan enterprise dan ultimate
ü  Windows 8 RT berprosesor ARM
ü  Windows 8.1




Demikian ulasan dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca, terima kasih.


TKJ SMK NEGERI 1 BANGIL 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar